Or, in its own meta tag

Tips Makanan Sehat

Makanan merupakan salah satu sumber energi bagi manusia yang hidup di bumi. Ada banyak fungsi makanan bagi tubuh kita diantaranya sebagai sumber vitamin, energi dan untuk pertumbuhan. Meski demikian tidak semua makanan mengandung zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan ada makanan yang tidak sesuai dengan tubuh kita dan malah zat yang terkandung makanan tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam tubuh kita. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih cermat dan teliti lagi dalam memilih makanan yang sesuai dengan kita. Biasanya orang yang beranggapan bahwa makanan yang sehat pasti tidak enak rasanya. Memang, hal tersebut bisa terjadi namun jika kita dapat memilih makanan dengan benar,maka kita akan menemui makanan yang tentunya sehat sekaligus terasa enak kita rasakan. Berikut tips  memilih makanan yang sehat sekaligus terasa lezat saat kita konsumsi.
No Tips makanan yang sehat
 1 Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
 2Konsumsi padi-padian penuh buah dan sayuran
 3Atur berat badan seimbang
 4Makan dalam ukuran yang layak
 5Makan secara teratur
 6Kurangi, bukan membetasi porsi makan
 7Seimbangkan pilihan makanan anda setiap saat
 8Mengetahui kesulitan program diet anda
 9Buat perubahan secara bertahap

Selain itu, dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita ada beberapa hal yang harus kita ketahui diantaranya makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet, makanan yang tidak mengandung bahan pengawet juga harus bebas dari kandungan zat yang memicu kanker. Selain iitu awasi juga tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera dalam kemasan makanan tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa, biasanya makanan tersebut sudah kotor dan sudah tidak mengandung gizi yang diperlukan bagi tubuh.
Zat gizi yang terkandung dalam makanan memang tidak sempurna, maksudnya ada jenis makanan yang tidak mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu kita juga harus melengkapi zat gizi tersebut dari jenis makanan yang lain. Keterangan tadi juga berarti ada saling ketergantungan antara zat gizi. Misal,zat mangan (Mn) didalam tubuh kurang, maka vitamin A juga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Vitamin dalam makanan juga harus diengkapi dengan pemenuhan kebutuhan energi. Pemenuhan kebutuhan energi tersebut dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein,karbohidrat dan lemak. 
Lemak yang terkandung dalam makanan juga harus kita perhatikan, lemak yang aman dikonsumsi oleh manusia berasal dari makanan seperti kacang dsb. Lemak yang sehat akan sangat berguna bagi penyerapan vitamin-vitamin A,D,E,dan K. Vitamian A misalnya, vitamin  yang berasal dari zat besi Semua Kebutuhan akan konsumsi makanan yang sesuai berkisar antara 15-25 % dari kebutuhan energi. Dalam mengkonsumsi jenis makanan juga harus disesuaikan dengan waktu kita mengkonsumsi. Hal-hal seperti jangan terlambat untuk sarapan pagi juga harus selalu diperhatikan. Makan pagi memang sangat bermanfaat bagi setiap orang. Baik dewasa maupun anak kecil,karena dengan makan pagi kita dapat mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktifitas kerja.
Makanan yang kita konsumsi juga harus diimbangi dengan konsumsi air. Karena air di dalam tubuh kita sangat berguna untuk melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh kita, air juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, pengaturan suhu tubuh juga memerlukan air, sehingga semakin banyak air yang kita konsumsi maka kestabilan suhu tubuh kita akan terjaga dengan baik.

Penulis : gunawan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Makanan Sehat ini dipublish oleh gunawan pada hari Kamis, 02 Desember 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Makanan Sehat
 

0 komentar:

Posting Komentar